Skip to main content

Karyaqu (Naskah Monolog)



TAKABUR MEMBAWA KEGAGALAN

Seperti hari-hari yang biasa aku bangun sekitar jam 5.00 untuk melaksanakan shalat shubuh. Begitupun juga bagi anak-anak panti yang lain.  Pagi menjelang siang aku  dipanggil sama ibu panti untuk menemuinya diruangannya,,,,,!!!
Anita: Ass,,,,!!!
Ibu Panti: Wass,,,,!!! Silahkan duduk nak,,,!!
Anita:Iya bu,,, ada apa yah bu?
Ibu panti: Saya memanggil Nita kesini karena ada orangtua yang ingin mengangkat Nita
                menjadi anaknya? Bagaimana apa kah Nita setuju?
Anita: Insyaa Allah bu,,,, saya menyetujuinya,,,, saya sudah lama ingin mempunyai orang tua, bagaimana Nita bisa merasakan kehangatan seorang ibu,,,!!
Ibu panti: iya,,,, mudah-mudahan kamu senang sama orangtua baru kamu yah?
Anita: iya bu,,, makasih,,,
Ibu panti: iya,,, sama-sama,,, oohh iya orang tua angkat kamu, besok akan menjemput kamu
                ke rumah barumu!!
Anita: iya bu,,,, nanti saya akan menyiapkan pakaian-pakaian saya yang mau saya bawa besok
Ibu panti: iya,,,,
Anita: saya permisi dulu yah bu,,,, saya mau ke kamar membereskan pakaian saya,,,!! Ass,,,!!
Ibu panti: iya,,, Wass,,,,!!
Pada saat saya menyiapkan pakaian di kamar, tiba-tiba datanglah sahabat ku yang bernama Dina,,, Dia merasa heran,,, karena pakaian ku sebagian telah aku masukin ke tas ku.
Dina: Nit,,, kamu mau kemana? Kok pakaian kamu semua masuk kedalam tas sie?
Anita: iya din, aku lupa memberitahumu, begini tadi pagi aku dipanggil ibu panti ke
          ruangannya katanya ada hal yang mau dibicarakan,,,!!
Dina: terus Nit?
Anita: Bu panti memberitahukan aku, bahwa ada sepasang orangtua yang ingin
          mengangkatku menjadi anaknya,,!!
Dina: terus kamu terima Nit?
Anita: iya,, Din, aku terima soalnya sudah lama aku mimpi-mimpikan bagaimana rasanya
          punya orangtua yang menyayangi ku seumur hidupnya.
Dina: Kamu beruntung banget si Nit, aku juga kepengen punya orangtua kayak kamu nanti,,!
Anita: Sabar ya Din, aku yakin nanti mungkin, ada yang ingin mengangkat kamu menjadi
anaknya,,,!! Aku yakin,,,,!!
Dina: Makasih yaa Nit,,, atas semangat yang kamu berikan kepada ku,,, tapi ingat yah 1
         pesan ku buat kamu Nit,,, Kamu jangan lupain aku yah sahabat kamu,,,!!
Anita: iya,,,, pasti,,, aku tidak akan lupain kamu kok,,,,
Dina: kamu janji?
Anita: iya aku janji,,,,
                Keesokan harinya,,, aku dijemput sama orang tua angkatku untuk pergi ke rumah baruku, aku merasa sedih karena harus meninggalkan panti inii, karena dari bayi aku disini sampai sekarang. Tiba ku dirumah baru ku, alangkah indahnya rumah baru ku ini,,,!!
Anita: Om, tante, apakah ini rumah kita?
Ibu: iya sayang, ini rumah kita,,!!
Ayah: iya, 1 hal yang perlu ayah sampaikan sama kamu Nita,,, Mulai sekarang kamu panggil
          kami Ayah & Ibu yah?
Anita: iya,,, om & tante,,,, #uppss#
Ibu: hehehe,,,, kan belum biasa kan?
Anita: iya bu,,,,,
Aku masuk kedalam rumah baru ku ini, sungguh besar rumah ini, sungguh cantik rumah ini bagaikan seperti istana di bumi ini.Aku masuk ke sebuah ruang yang sangat luas & megah, ternyata ruang itu adalah kamar saya, sungguh saya sangat senang sekali.
Waktunya makan malam, aku dipanggil sama ayah & ibu untuk makan malam bersama di ruang makan. Makanan sudah tersedia semua di meja makan. Kini waktunya makan.!
Ibu: Nit,,, pelan-pelan saja makannya,,, nanti sakit perut loh?
Anita: Iya bu,,,, maklum bu’. Saya mungkin pertama kali makan makanan enak kayak begini.
Ayah: kalau begitu makanlah dengan sepuasmu.
Ibu: iya makanlah sesuka hatimu, dan anggaplah semua isi rumah ini adalah milik kamu
       semua. Yah nak….!
Anita: iya bu…!!
Beberapa tahun telah ku alami, kini aku sudah menduduki bangku kuliah.Aku kuliah disebuah universitas yang terkenal di Jakarta. Sikap ku kini sudah mulai berubah, kini aku sudah mulai sombong, pamer, dan tidak memperhatikan perasaan orang lain.
Di kantin aku bertemu dengan Dina sahabat ku di Panti.Aku tidak menyapanya dan pura-pura untuk tidak mengenalinya.
Dina: Kamu Nita kan?
Anita: kamu siapa sih? Ingat yah aku itu tidak kenal sama kamu..!!
Dina: Astagfirullah,,, Nit. Kenapa kamu berbuat begitu sama aku?
Anita: emang kenapa? Masalah buat gue?
Dina: Nit, kamu benar-benar sudah berubah Nit. Kau tidak tahu kah siapa aku Nit?
Anita: Tidak tuh, aku tidak kenal sama kamu. Ngerti,,!!!
Dina: Aku itu sahabat kamu pas di panti dulu. Dina. Kenapa kamu cepat sekali ngelupain aku
        Nit?
Anita: ha…. Sahabat? Mana ada aku punya sahabat yang miskin kayak loh? Terus panti?
Seingat ku aku nggak pernah hidup dipanti kali.
Dina: kamu sudah benar-benar berubah Nit. Tapi, biarlah tidak apa-apa aku jalanin semua
         kata-kata kamu yang tidak enak, aku akan kuat bersabar.
Anita: Up to you
Beberapa hari kemudian, tak ku sangka perusahaan ayah & ibu ku bangkrut.Betapa sedihnya aku. Terlebih lagi ayah & ibu ku meninggal karena syok,,, yaa allah dimana aku tinggal. Aku hidup sendiri lagi ya allah,….
Dijalan pada saat aku sedang mengait-ngait sampah, tiba-tiba datang Dina menghampiriku.
Dina: Nita, kamu lagi ngapain disini?
Anita: aku tahu kamu, kesini ingin mengejek aku kan din?
Dina: Astagfirullah,,, tidak nit. Aku bukan orang seperti itu.
Anita: ooww,,,, maafkan aku yah atas semua kesalahanku buat kamu,?
Dina: sudah, sudah lama aku maafin kamu,!Emangnya kamu kenapa disini?
Anita: aku lagi mencari-cari sampah untuk dijual.
Dina: emang orang tua kamu kemana?
Anita: Orang tua angkat ku sudah meninggal, gara-gara semua perusahaannya telah
          bangkrut mereka syok. Rumahku diambil bank untuk melunasi utang bpk ku.
Dina: Astagfirullah, terus kamu tinggal dimana?
Anita: Beginilah aku tinggal Di jalan saja,
Dina: hhmm,,,,, bagaimana kalau kamu tinggal d rumah kos ku saja?
Anita: aku sih mau-mau saja, tapi kalau tidak keberatan,!
Dina: tidak kok aku tidak keberatan.
Anita:  makasih Din, kamu itu sungguh baik sekali, padahal aku sering ngejahatin kamu
           bahkan aku pernah kata-katain kamu. Sekali lagi aku minta maaf yah?
Dina: iya,,, yuk kita pergi ke tempat kos ku yuk.
Kini aku sadar, bahwa kekayaan itu tidak ada artinya, bahkan kekayaam itu bisa membawa kita ke jalan yang salah. Aku sadar bahwa sikap yang kumilliki selama ini telah melukai hati orang lain. Sedangkan sikap Dina kepadaku sungguh sangat baik kepadaku.Disaat aku kesusahan dia selalu ada membantuku.Makasih Dina sahabat ku. Engkau bagaikan malaikat yang turun dari langit yang dikirm kan untuk ku. Terimakasih Dina, sekali lagi terimakasih.

Comments

Popular posts from this blog

Dongeng Sleeping Beauty dalam Bhs.Inggris dan Terjemahannya

Sleeping Beauty             Long time ago there lived a king and Queen who held a great feast to celebrate the birth of their baby daughter, Briar Rose. Invitations were sent to all the fairies to bless the princess except to one as it was presumed that she was dead. Each of them came to the king's feast bringing special gifts for the little princes. The fairies began to give their gifts. "She shall be beautiful, "said the first".”She shall be wise "said the second". "She shall be kind, "said the third". Only one fairy was left to give the gift when suddenly the room went dark. Then after a great flash of light the same the fairy who was left out, came in view.             She was furious as no one had invited her at the feast. Then she said, "Well heroes my blessing feast. Then she said, “well heroes my blessing that on her sixteenth birthday she will put her finger on a spinning wheel and die." Another flash of light came and

Dongeng Asal Usul Kota Surabaya Dalam Bhs.Inggris dan Terjemahannya

THE ORIGIN OF THE CITY SURABAYA Once upon a time , there were two animals , Sura and Baya name . Sura is the name of the Beast is the Beast shark and Baya the crocodile . They live in the deep sea . After Sura and Baya were looking for some food . Suddenly, Baya see a nice goat . " Yummy is good , this is the most delicious lunch , " said Baya . ' No way ! This is my lunch . You greedy " Sura said . Later they fought for goats . After several hours of fighting, they were very tired . Feels tired of fighting , they live in different places . Sura Baya live in the water and stay in the country.  Border is the beach , so they do not will fight again . Someday , Sura went to the ground and look for some food in the river . he was very hungry and there was not much food in the sea . Baya was very angry when he knew that Sura broke a promise . they fight again . They both punching and kicking . tail Sura Baya fight . Baya did the same thing to Sura . He bit very hard

Makalah Tasamuh

AQIDAH AKHLAK MAKALAH TASAMUH (Akhlak Terpuji ) D I S   U S U N OLEH KELOMPOK III : 1.        AULYARDHA ANINDITA 2.        ASTY DWIJAYARTI 3.        INDHIRA AZHARI GAZALI 4.        NUR HIDAYAH 5.        ASRIYANI 6.        MUH. IKHSAN KHAIRULLAH 7.        MUH. ALFIAN MURAF 8.        RESKY DARKIAWAN DAFTAR ISI DAFTAR ISI …………………………………………………………………2 BAB 1 PENDAHULUAN ………………………………………………….. 3 A.     LATAR BELAKANG…………………………………………………… 3 B.      RUMUSAN MASALAH ………………………………………………..   3 C.      TUJUAN PENULISAN …………………………………………………   3 BAB 2 PEMBAHASAN ……………………………………………………   4 A.     PENGERTIAN TASAMUH DAN MACAM-MACAMNYA ………….   4 B.      BENTUK-BENTUK TASAMUH ………………………………………   5 C.      TASAMUH DALAM KEHIDUPAN BERAGAMA …………………..   7 BAB 3 PENUTUP ………………………………………………………….   8 KESIMPULAN……………………………………………………………..   8 DAFTAR PUSTAKA………………………………………………………   9 BAB I PENDAHULUAN               A