Skip to main content

Makalah Protista

BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
            Apabila kita mengamati setetes air kolam ikan dengan menggunakan mikroskop akan di temukan berbagai macam makhluk-makhluk yang hanya bersel satu. Salah satu contohnya adalah Protista dan mikroorganisme lainnya. Protista merupakan organisme eukariotik yang tidak di golongkan ke dalam tumbuhan, hewan, maupun fungi,walaupun banyak dari jenis Protista yang mirip dengan ketiga kingdom tersebut. Pada bab berikutnya akan membahas tentang Protista.
Protista adalah mikroorganisme eukariota yang bukan hewan, tumbuhan, atau fungus. Mereka pernah dikelompokkan ke dalam satu kerajaan bernama Protista, namun sekarang tidak dipertahankan lagi.Penggunaannya masih digunakan untuk kepentingan kajian ekologi dan morfologi bagi semua organisme eukariotik bersel tunggal yang hidup secara mandiri atau, jika membentuk koloni, bersama-sama namun tidak menunjukkan diferensiasi menjadi jaringan yang berbeda-beda.
B.  Rumusan  Masalah
  1. Apakah yang dimaksud dengan Protista?
  2. Bagaimanakah perbandingan protista yang mirip jamur?
  3. Bagaimanakah perbandingan protista yang mirip tumbuhan?
  4. Bagaimanakah perbandingan protista yang mirip hewan?
  5. Bagaimanakah peranan protista dalam kehidupan?
C.  Tujuan penulisan
1.      Untuk mengetahui pengertian protista
2.      Untuk mengetahui perbandingan protista yang mirip jamur
3.      Untuk mengetahui perbandingan protista yang mirip tumbuhan
4.      Untuk mengetahui perbandingan protista yang mirip hewan
5.      Untuk mengetahui peranan protista dalam kehidupan



BAB II
PEMBAHASAN

A.    PENGERTIAN PROTISTA
Protista merupakan organisme eukariotik uniseluler yang hidup soliter atau berkoloni. Protista dapat digolongkan menjadi protista mirip hewan (protozoa), protista mirip tumbuhan (alga) dan protista mirip jamur (jamur lendir/slame mold). Bentuk tubuh organisme golongan protista amatlah beragam. Protista memiliki cara makan yang berbeda-beda, dan dapat digolongkan dalam tiga kategori:
  1. Protista autototrof, yaitu protista yang memiliki klorofil sehingga mampu berfotosintesis. Contohnya : Alga
  2. Protista menelan makanan, dengan cara fagositosis melalui membran sel. Contohnya: Protozoa
  3. Protista saprofit dan parasit, mencerna makanan di luar sel dan menyerap sari-sari makanannya. Contoh: jamur
  4. Protista Mirip Hewan (Protozoa)
Protozoa berasal dari bahasa Yunani yaitu Protos artinya pertama dan Zoon artinya hewan. Protozoa sering disebut hewan bersel satu (uniseluler). Seluruh kegiatan hidupnya dilakukan oleh sel itu sendiri melalui organel-organel yang secara fungsi analog dengan sistem organ pada hewan-hewan bersel banyak (metazoa).
B.     Protista Mirip – Jamur
      Protista mirip jamur tidak dimasukkan kedalam fungi karena struktur tubuh dan cara reproduksinya berbeda. Reproduksi jamur lender mirip fungi, tetpai gerakan pada fase egetatifnya mirip amoeba. Meskipun tidak berklorofil, struktur membrane jamur ini mirip ganggang.
1. Myxomycetes (jamur lender)
      Jamur ini memiliki beberap sifat yang mirip dengan jamur sejati. Struktur vegetative jamur lendir disebut plasmodium, merupakan massa sitoplasma berinti banyak dan tidak dibatasi oleh dinding yang kuat. Ciri myxomycetesyang menyerupai fungi adalah pada waktu stadium badan buah, sedangkan stadium vegetatifnya mirip protozoa(ameboid). Tetapi perlu diketahui bahwa baik pada stadium miselium (pada waktu terbentuk badan buah) maupun pada waktu stadium vegetative pada dasarnya strukturnya sama saja, yaitu senositik dan tetap menunjukkan aliran sitoplasma. Walaupun pada stadium miselium aliran sitoplasma ini dibatasi dalam dinding badan buahnya.

2. Oomycota
       Tubuh Oomycota (jamur air) trsusun atas benang hifa tidak bersekat dan mengandung banyak nukleus. Oomycota dapat dengan mudah ditemukan pada bingkai tubuh ikan atau bangkai tubuh hewan lainnya yang tergenang air sehingga sering juga disebut dengan jamur. Oomycota berkembang biak secara seksual dan aksesual. Beberapa Oomycota hidup di saproit dengan cara menguraikan zat organik dari bangkai seperi Saprolegina. Beberapa di antaranya ad juga yang hidup parasit pada individu lainnya seprti Phytophtora dan Plasmospara viticola.

3. Acrasiomycota
           Acrasiomycota atau jamur kendir seluler adalah protista yang biasanya hidup di kayu-kayu lapuk dan hidup di bahan organik yang membusuk. Contoh Acrasiomycota adalah Dictyostelium. Sebagian besar hidupnya,organisme in merupakan sel amoeboid soliter. Acrasiomycota memiliki tubuh yang menghasilkan spora dan akan di gunakan saat melakukan reproduksi seksual. 
C.    Protista mirip Tumbuhan (Alga)
       Alga merupakan kelompok organisme yang bervariasi baik bentuk, ukuran, maupun komposisi senyawa kimianya. Alga ini ada berbentuk uniseluler (contoh Chlorococcus sp), koloni (Volvox sp), benang (filamen) (contoh Spyrogyra sp) serta bercabang atau pipih (contoh Ulva sp, Sargasum sp dan Euchema sp).
Ciri-ciri lainnya pada alga adalah, alga ini tidak memiliki akar, batang dan daun sejati. Tubuh seperti ini dinamakan talus. Itulah sebabnya alga tidak dapat digolongkan sebagai tumbuhan (plantae). Di dalam sel alga terdapat berbagai plastida yaitu organel sel yang mengandung zat warna (pigmen). Plastida yang terdapat pada alga terutama kloroplas mengandung pigmen klorofil yang berperan penting dalam proses fotosintesis. Sehingga alga bersifat autrotof karena dapat menyusun sendiri makanannya berupa zat organik dan zat-zat anorganik.




D.    Protista Mirip Hewan
      Protozoa yang menyerupai hewan dikenal dengan nama protozoa (protos = pertama, zoon = hewan). Sebagian protozoa adalah hewan eukariotik bersel tunggal dan mikroskopis. Protozoa dapat hidup pada air tawar, air laut, air payau dan ada juga yang hidup di dalam tubuh organisme multiseluler. Seluruh kegiatan hidupnya dilakukan oleh sel itu sendiri dengan menggunakan organel-organel antara lain membran plasma , sitoplasma dan mitokondria. Beberapa protozoa ada yang mempunyai peranan dalam menghancurkan sisa-sisa organisme yang telah mati, tetapi ada juga yang bersifat parasit di dalam tubuh organisme, misalnya dapat menyebabkan penyakit tidur, malaria, dan disentri. Protozoa hidup secara individual, tetapi ada juga diantara mereka yang hidupnya berkoloni.
Protozoa berkembangbiak dengan cara aseksual, yaitu dengan cara pembelahan biner dan membentuk spora serta secara seksual yaitu melalui konjugasi. Hewan ini memilki alat gerak berupa cilia, flagel, dan kaki semu (Pseudopia), tetapi ada juga yang tidak memiliki alat gerak. 

Pada dasarnya protozoa mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:
  1. Organisme uniseluler (bersel satu)
  2. Eukariotik (memiliki membran nukleus
  3. Hidup soliter (sendiri) atau berkoloni
  4. Umumnya tidak dapat membuat makananya sendiri (heterotof)
  5. Hidup bebas, saprofit dan parasit
  6. Dapat membentuk sista untuk bertahan hidup
  7. Alat gerak berupa pseudopia , silia atau flagela
Klasifikasi protozoa
  1. Berdasarkan struktur alat geraknya , filum protozoa dibedakan menjadi empat kelas:
  2. Kelas Rhizopoda (sarcodina)
  3. Kelas Ciliata
  4. Kelas Flagellata
  5. Kelas sporozoa
1. Kelas Rhizopoda 
Bergerak dengan kaki semu (pseudopodia) yang merupakan penjuluran protoplasma sel, yang berfungsi sebagai alat penangkap mangsa. Hidup di air tawar, air laut, tempat-tempat basah, dan sebagian ada yang hidup dalam tubuh hewan atau manusia. Perkembangbiakan secara tidak kawin melalui pembelahan biner dan pembentukkan kista. Jenis yang paling mudah diamati adalah Amoeba. Pada Amoeba ,pergerakkan Amoeba dengan menggunakan kaki semu terjadi karena adanya rangsangan makanan. Makananya dapat berupa ganggang, bacteri atau sisa-sisa organik. Ektoamoeba adalah jenis Amoeba yang hidup liar di luar tubuh organisme lain (hidup bebas). Contohnya Amoeba proteus, Foraminifera , Arcella, Radiolaria. Entamoeba adalah jenis Amoeba yang hidup di dalam tubuh organisme , contohnya Entamoeba histolityca, dan Entamoeba coli. 
Struktur tubuh Amoeba:
Sel dilindungi oleh membrane sel. Didalam selnya terdapat organel – organel, diantaranya inti sel, vakuola kontraktil, dan vakuola makanan.
Membrane sel atau membran plasma
1.      Membrane sel disebut juga plasmalema dan berfungsi melindungi protoplasma.
2.      Sitoplasma dibedakan atas ekstoplasma dan endoplasma. Ektoplasma merupakan lapisan luar sitoplasma yang letaknya berdekatan dengan membrane plasma dan umumnya ektoplasma merupakan bagian dalam plasma, umumnya bergranula. Didalam endoplasma terdapat 1 inti, satu vakuola kontraktil, dan beberapa vakuola makanan. Inti sel (nukleus) berfungsi untuk mengatur selurug kegiatan yang berlangsung di dalam sel.
3.      Rongga berdenyut (Vakuola Kontraktil) 
4.      Rongga berdenyut disini berfungsi sebagai organ eksresi sisa makanan. Vakuola kontraktil juga menjaga agar tekanan osmosis sel selalu lebih tinggi dari tekanan osmosis di sekitarnya.
5.      Rongga makanan (vakuola makanan )
6.      Rongga makanan atau sering disebut dengan vakuola makanan berfungsi sebagai alat pencernaan. Makanan yang tidak dicerna akan dikeluarkan melalui rongga berdenyut.
7.      Tempat hidup dan habitat

E.     Peranan protista dalam kehidupan
Peranan Protista ada yang menguntungkan dan ada juga yang merugikan.
1. Protista yang merugikan pada manusia antara lain:
    - Plasmodium sp, menyebabkan malaria pada manusia.
    - Trypanosoma gambiense, Ttypanosoma rhodesiense menyebabkan penyakit
      
tidur pada manusia. 
    - Trypanosoma cruzi, penyebab penyakit chagas (pada otot, jantung, dan saraf)
     
pada manusia.
    - Ttypanosoma brucei, menyebabkan demam nagano di Afrika, Leishmania
     
donovani, penyebab penyakit kalaazar (menyerang hati, limfa, dan tulang).
    - Balantidium coli, penyerang pada selaput lendir usus.
    - Entamoeba gingivafis, menyebabkan mulut berbau tidak sedap.
2. Protista yang menyebabkan penyakit pada hewan antara lain.
    - Trichomonas foetus, penyebab keguguran pada kambing.
    - Trypanosoma evansi, penyebab penyakit surra pada kuda, anjing,
       onta, 
sapi yang ditularkan oleh lalat Tabanid.
    - Trypanosoma equiperdum, penyebab penyakit durin pada kuda dan keledai.
    - Trypanosoma vivax, menyebabkan jpenyakit pada domba.
3. Protista yang menguntungkan antara lain.
    - Protista yang hidup bebas di air tawar sebagai plankton seperti Euglena viridis,
     
juga sebagai indikator polusi air atau sungai, cangkok dari Radiolaria dan
     
Foraminifera sebagai indikator adanya minyak bumi.
    - Entamoeba coli, membusukkan makanan dan membentuk vitamin K.
4. Jenis-jenis Oomycotina yang parasit
    - Phytoptora (jamur karat putih).
    - Phytopthora faberi hidup parasit pada tanaman karet (pada luka bekas sadapan). 
    - Phytopthora infestans menyebabkan penyakit pada tanaman kentang,
    - Phytopthora. palmifora hidup parasit pada lada, kelapa, cokelat, dan lainnya.
    - Phytopthora nicotinae menyerang pada tanaman tembakau.
    - Pythium (jamur lapuk berbulu = rebah semai) menyerang pada pangkal batang
     
kecambah. Sebagai pengurai: Saprolegnia; jamur ini hidup pada bangkai serangga
      atau hewan yang mati dalam air tawar, sehingga disebut juga sebadai jamur air.
     
Jamur ini berperan sebagai pengurai dalam ekosistem air tawar.






















BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Berdasarkan pembahasan diatas, dapat kita tarik kesimpulan sebagai berikut :
1.      Protista merupakan organisme eukariotik uniseluler yang hidup soliter atau berkoloni. Protista dapat digolongkan menjadi protista mirip hewan (protozoa), protista mirip tumbuhan (alga) dan protista mirip jamur (jamur lendir/slame mold). Bentuk tubuh organisme golongan protista amatlah beragam.
2.      Protista mirip jamur tidak dimasukkan kedalam fungi karena struktur tubuh dan cara reproduksinya berbeda. Reproduksi jamur lender mirip fungi, tetpai gerakan pada fase egetatifnya mirip amoeba. Meskipun tidak berklorofil, struktur membrane jamur ini mirip ganggang.
3.      Alga merupakan kelompok organisme yang bervariasi baik bentuk, ukuran, maupun komposisi senyawa kimianya. Alga ini ada berbentuk uniseluler (contoh Chlorococcus sp), koloni (Volvox sp), benang (filamen) (contoh Spyrogyra sp) serta bercabang atau pipih (contoh Ulva sp, Sargasum sp dan Euchema sp).
Ciri-ciri lainnya pada alga adalah, alga ini tidak memiliki akar, batang dan daun sejati. Tubuh seperti ini dinamakan talus. Itulah sebabnya alga tidak dapat digolongkan sebagai tumbuhan (plantae).
4.      Protista Mirip Hewan (Protozoa), Protozoa berasal dari bahasa Yunani yaitu Protos artinya pertama dan Zoon artinya hewan. Protozoa sering disebut hewan bersel satu (uniseluler). Seluruh kegiatan hidupnya dilakukan oleh sel itu sendiri melalui organel-organel yang secara fungsi analog dengan sistem organ pada hewan-hewan bersel banyak (metazoa).
5.      Peranan Protista ada yang menguntungkan dan ada juga yang merugikan.
1. Protista yang merugikan pada manusia antara lain:
    - Plasmodium sp, menyebabkan malaria pada manusia.
    - Trypanosoma gambiense, Ttypanosoma rhodesiense menyebabkan penyakit
      
tidur pada manusia. 
 2. Protista yang menyebabkan penyakit pada hewan antara lain.
    - Trichomonas foetus, penyebab keguguran pada kambing.
    - Trypanosoma evansi, penyebab penyakit surra pada kuda, anjing,
       onta, 
sapi yang ditularkan oleh lalat Tabanid.
3. Protista yang menguntungkan antara lain.
    - Protista yang hidup bebas di air tawar sebagai plankton seperti Euglena viridis,
     
juga sebagai indikator polusi air atau sungai, cangkok dari Radiolaria dan
     
Foraminifera sebagai indikator adanya minyak bumi.
    - Entamoeba coli, membusukkan makanan dan membentuk vitamin K.
4. Jenis-jenis Oomycotina yang parasit
    - Phytoptora (jamur karat putih).
    - Phytopthora faberi hidup parasit pada tanaman karet (pada luka bekas sadapan). 
B. Saran
Sebaiknya para pembaca jangan puas terhadap makalah ini saja, pembaca juga harus menambah ilmu pengetahuannya lagi tentang materi protista ini dengan mencari lagi buku-buku bacaan lainnya atau dari internet

















DAFTAR PUSTAKA
http://educorolla3.blogspot.com/2009/04/protista-yang-menyerupai-hewan.html
http://www.sentra-edukasi.com/2010/04/protista-mirip-hewan-protozoa.html#.UK4fz6xSn2c
Sugiarti, S. dkk. 2002. Avertebrata Air Jilid I. Depok : Penebar Swadaya.
Http//www. Google.com


Comments

Popular posts from this blog

Dongeng Sleeping Beauty dalam Bhs.Inggris dan Terjemahannya

Sleeping Beauty             Long time ago there lived a king and Queen who held a great feast to celebrate the birth of their baby daughter, Briar Rose. Invitations were sent to all the fairies to bless the princess except to one as it was presumed that she was dead. Each of them came to the king's feast bringing special gifts for the little princes. The fairies began to give their gifts. "She shall be beautiful, "said the first".”She shall be wise "said the second". "She shall be kind, "said the third". Only one fairy was left to give the gift when suddenly the room went dark. Then after a great flash of light the same the fairy who was left out, came in view.             She was furious as no one had invited her at the feast. Then she said, "Well heroes my blessing feast. Then she said, “well heroes my blessing that on her sixteenth birthday she will put her finger on a spinning wheel and die." Another flash of light came and

Dongeng Asal Usul Kota Surabaya Dalam Bhs.Inggris dan Terjemahannya

THE ORIGIN OF THE CITY SURABAYA Once upon a time , there were two animals , Sura and Baya name . Sura is the name of the Beast is the Beast shark and Baya the crocodile . They live in the deep sea . After Sura and Baya were looking for some food . Suddenly, Baya see a nice goat . " Yummy is good , this is the most delicious lunch , " said Baya . ' No way ! This is my lunch . You greedy " Sura said . Later they fought for goats . After several hours of fighting, they were very tired . Feels tired of fighting , they live in different places . Sura Baya live in the water and stay in the country.  Border is the beach , so they do not will fight again . Someday , Sura went to the ground and look for some food in the river . he was very hungry and there was not much food in the sea . Baya was very angry when he knew that Sura broke a promise . they fight again . They both punching and kicking . tail Sura Baya fight . Baya did the same thing to Sura . He bit very hard

Makalah Tasamuh

AQIDAH AKHLAK MAKALAH TASAMUH (Akhlak Terpuji ) D I S   U S U N OLEH KELOMPOK III : 1.        AULYARDHA ANINDITA 2.        ASTY DWIJAYARTI 3.        INDHIRA AZHARI GAZALI 4.        NUR HIDAYAH 5.        ASRIYANI 6.        MUH. IKHSAN KHAIRULLAH 7.        MUH. ALFIAN MURAF 8.        RESKY DARKIAWAN DAFTAR ISI DAFTAR ISI …………………………………………………………………2 BAB 1 PENDAHULUAN ………………………………………………….. 3 A.     LATAR BELAKANG…………………………………………………… 3 B.      RUMUSAN MASALAH ………………………………………………..   3 C.      TUJUAN PENULISAN …………………………………………………   3 BAB 2 PEMBAHASAN ……………………………………………………   4 A.     PENGERTIAN TASAMUH DAN MACAM-MACAMNYA ………….   4 B.      BENTUK-BENTUK TASAMUH ………………………………………   5 C.      TASAMUH DALAM KEHIDUPAN BERAGAMA …………………..   7 BAB 3 PENUTUP ………………………………………………………….   8 KESIMPULAN……………………………………………………………..   8 DAFTAR PUSTAKA………………………………………………………   9 BAB I PENDAHULUAN               A